Komisi X: Persiapkan ANOC World Beach Games 2023 dengan Matang!

Wakil Ketua Komisi X DPR RI Hetifah Sjaifudian mengingatkan agar segenap pemerintah mempersiapkan pergelaran ANOC World Beach Games (AWBG) Tahun 2023 di Bali dengan perencanaan yang matang.

Wakil Ketua Komisi X DPR RI Hetifah Sjaifudian mengingatkan agar segenap pemerintah mempersiapkan pergelaran ANOC World Beach Games (AWBG) Tahun 2023 di Bali dengan perencanaan yang matang. Pasalnya, ia tidak ingin polemik terulang kembali saat Indonesia sedang mengusahakan diri yang terbaik untuk menjadi tuan rumah agenda olahraga internasional.

 

Kekhawatiran ini disampaikan oleh dirinya lantaran tidak ingin Indonesia kembali dicoret sebagai tuan rumah. Sebelumnya, Indonesia mengalami Tragedi Kanjuruhan dan penolakan sejumlah pihak, salah satunya oleh Gubernur Provinsi Bali I Wayan Koster, akibat Timnas Israel ikut sebagai peserta dalam Piala Dunia U-20. Dua peristiwa ini, jelasnya, membuat Indonesia dicoret FIFA sebagai tuan rumah.

 

‚ÄúTidak bisa dipungkiri, selain Tragedi Kanjuruhan, mayoritas masyarakat Indonesia menolak kedatangan Israel dan berpotensi menimbulkan aksi kekerasan jika tidak disikapi dengan baik," tutur Hetifah melalui keterangan tertulis kepada Parlementaria, Senin (17/4/2024).

 

Oleh karena itu, Hetifah meminta Kementerian Pemuda dan Olahraga, Komite Olimpiade Indonesia (KOI), Pemerintah Daerah, dan panitia penyelenggara secara konsisten memastikan keamanan atlet, ofisial, bahkan suporter yang akan hadir. "Alur transportasi, penginapan, akses masuk, akses pintu darurat, harus betul-betul diperhatikan. Jangan sampai terulang kembali," pungkas politisi Fraksi Golkar itu. (ts/rdn)


Berikan Komentar
Silakan tulis komentar dalam formulir berikut ini (Gunakan bahasa yang santun). Komentar akan ditampilkan setelah disetujui oleh Admin
LINK TERKAIT